PSM 1 Badge

3 Jurus Jitu Lulus Sertifikasi Professional Scrum Master 1 (PSM 1)

Poppy Buana Mega Putri
2 min readFeb 4, 2021

Hi All. Pada tulisan saya yang pertama ini, saya akan membahas mengenai 3 jurus jitu yang saya lakukan sehingga bisa lulus sertifikasi PSM 1 di percobaan yang pertama.

Pertama, Ketahui Spesifikasi Ujiannya! Spesifikasi dari ujiannya adalah

  • terdapat 80 soal yang terdiri dari pilihan ganda, benar/salah, dan jawaban ganda;
  • tidak terdapat pengurangan nilai jika jawaban salah;
  • waktu pengerjaannya 60 menit;
  • soal disajikan dalam Bahasa Inggris;
  • nilai minimum yang diperlukan untuk lulus adalah 85%.

Berdasarkan spesifikasi tersebut, untuk lulus dalam sertifikasi ini kita perlu benar minimal 68 soal. Tentu perlu banyak latihan bukan?

Kedua, Temukan Platform untuk Latihan Soal! Terdapat 3 platform yang saya gunakan untuk latihan soal, yakni:

  1. Scrum.org. Berlatihlah secara rutin untuk mengerjakan soal — soal yang terdapat di Scrum Open Assessment dan Product Owner Open Assessment. Keduanya memiliki pool soal, sehingga setiap percobaan yang dilakukan pasti akan terdapat perbedaan soal.
  2. Mikhail Lapshin. Menurut saya, soal — soal yang disajikan oleh Mikhail Lapshin ini benar — benar membuat saya banyak belajar karena cukup tricky. Silakan dicoba baik Learning Mode maupun Real Mode untuk merasakan sensasinya.
  3. Whizlabs. Dalam rangka menambah variasi soal yang bisa dikerjakan, saya juga membeli soal latihan Professional Scrum Master 1 di Whizlabs. Pada paket tersebut, terdapat 4 latihan soal yang masing — masing terdiri dari 80 soal.

Terakhir, Baca! Selain berlatih soal, kita juga perlu membaca untuk mengetahui lebih detail. Sumber utama yang saya gunakan adalah Scrum Guide 2017. Akan tetapi, jika anda akan mengambil ujian di atas tanggal 9 Januari 2021, anda harus membaca Scrum Guide 2020. Selain Scrum Guide, saya juga membaca Nexus Guide, materi dari website Volkerdon serta mengambil 2 kursus di Udemy, yaitu Scrum Certification Prep +Scrum Master+ Agile Scrum Training dan Scrum Master Certification Training & PSM1 Sample Exams. Adapun gambaran singkat dari masing — masing bacaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Scrum Guide: panduan utama mengenai konsep Scrum.
  • Nexus Guide: panduan mengenai konsep perluasan tim di Scrum.
  • Volkerdon: menjelaskan komponen Scrum secara rinci, kuis di setiap akhir materi, dan 1 simulasi soal PSM 1.
  • Udemy — Scrum Certification Prep +Scrum Master+ Agile Scrum Training: menjelaskan komponen Scrum serta sedikit highlight tentang Waterfall Model dan kuis di setiap akhir materi.
  • Udemy — Scrum Master Certification Training & PSM1 Sample Exams: menjelaskan komponen Scrum disertai keyword yang perlu diingat, kuis di setiap akhir materi, dan 2 simulasi soal PSM 1 (masing — masing 80 soal).

Sekian artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

--

--

Poppy Buana Mega Putri

Interesting about project management and business analytics